Koil Motor Dan Bagian-bagian Utama Yang Paling Menentukan Kualitasnya

Sedikit mau menulis soal kabel Koil.

Kabel Koil berfungsi sebagai pengantar antara out koil ( yang output tegangan nya sampai 50kilo volt untuk koil tertentu ).

Kabel Koil terdiri dari 2 bagian, yaitu

** kawat/kabel penghantar nya, karena tegangan yg melewati nya sangat besar, arus kecil, jadinya jenis kawat yang dipakai tdk akan terlalu berpengaruh ke performa secara keseluruhan. Jadi mau pake kawat tembaga, tembaga lapis perak dll, efek nya tdk akan beda.
** isolator kabel / pembungkus kabel
Nah, disini yang sering tidak terlalu diperhatikan, sering di abaikan. Klo kita bahas kabel, pasti langsung pada berfikir bahwa bagian terpenting nya adalah kawat penghantar nya.
Padahal, sebenernya untuk jenis pemakaian tertentu, justru bagian paling mahal, paling penting justru bagian isolator nya. Contoh nya dlm hal kabel Koil, karena pemakaian nya pada kondisi tegangan sangat tinggi, maka isolator nya harus mampu menahan tegangan sampai diatas tegangan maksimum yg melewati nya. Di sinilah yg membedakan kualitas kabel Koil satu dan yg lain.

Lebih lagi klo ditambah dgn pengaplikasian groundstrap, karena kabel Koil langsung dibungkus dengan massa dibagian luar nya, kemampuan isolator kabel Koil nya harus jauh lbh tinggi lagi. Itulah knp kabel Koil dengan groundstrap, yg bener2 berkualitas pasti sangat mahal.

Soalnya klo kabel Koil nya yg biasa, trus di aplikasi groundstrap, tegangan nya yg ke koil langsung drop sesuai tegangan maksimum yg mampu ditahan isolator kabel Koil nya. Misal isolator kabel Koil nya Vmax 10kv, dengan penambahan groundstrap, misal koil mengeluarkan tegangan nya 15kv nya, output nya tetap 10kv. Tegangan yg diatas 10kv akan langsung diredam si groundstrap.

Monggo klo mau ada yg menambahi

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *