Menentukan Rad Degree Ideal Sistem Pengapian Mesin

rad degree Ideal

Untuk yang memakai CDI Programmable dan ingin mengganti magnet std nya dengan flywheel custom sendiri sehingga bisa diatur berat nya secara leluasa, ini saya sedikit mau berbagi cara menentukan ukuran ideal rad degree untuk sistem pengapian nya.

Langkah menentukan ukuran rad degree pertama kita perkirakan dulu, kira2 nanti settingan derajat maksimum dari CDI kita itu berapa. kalau misal kita perkirakan derajat maksimum CDI kita nanti adalah 40 derajat BTDC ( CDI Predator sih maksimum nya biasanya cuma di angka 35 Derajat BTDC ).
jadi ukuran ideal rad degree kita dapat kita ketahui dengan rumus
Rad degree = ( max timing + 5 ) derajat
Rad degree = ( 40 + 5 ) derajat
Rad degree = 45 derajat
wah, ternyata nilai nya sama dengan rad degree std sistem pengapian satria FU. ini cuma kebetulan saja lho.

Kita tidak perlu bikin rad degree yang tinggi2 spt contoh Jupiter Z yang 65 Derajat, dengan alasan kita juga tdk akan membikin setting pengapian mendekati angka 60 derajat BTDC 😀 .
karena nda kebayang gimana mesin nya nanti dengan derajat pengapian spt itu.

Dan alasan kenapa kita bikin rad degree nilai nya mendekati derajat maksimum pengapian kita adalah :

1. kalau untuk yang masih belajar setting, sesalah2 nya dalam mensetting tidak akan terlalu membahayakan mesin. karena mentok kita bisa atur maksimum derajat pengapian sesuai nilai rad degree nya itu. misal kalau kita bikin rad 45 derajat maka kita tdk mungkin bisa bikin derajat pengapian pada 46 atau 50 derajat BTDC

2. CDI itu untuk kontrol pengapian sebagian besar masih memakai Microcontroller 8 bit. dan untuk membuat delay yang panjang dengan perhitungan 8 bit itu tdk mudah dan tdk presisi.

sebagai contoh :

a. misal kalau kita menggunakan rad degree 65 derajat dan kita set pengapian pada 20 derajat BTDC maka kita perlu bikin delay di CDI sebesar ( 65 – 20 ) derajat BTDC. kita dpt angka 45 derajat

b. misal kalau kita menggunakan rad degree 45 derajat dan kita set pengapian pada 20 derajat BTDC maka kita perlu bikin delay di CDI sebesar ( 45 – 20 ) derajat BTDC. kita dpt angka 25 derajat

Bisa kita lihat, untuk membuat derajat pengapian yang sama 20 derajat BTDC ternyata kalau kita menggunakan rad degree 45, delay CDI cuma 25 Derajat. sedang kalau menggunakan rad degree 65 kita perlu membuat delay sebesar 45 derajat.
bagi yang awam mungkin cuma bisa membandingkan, ah cuma peda perlu menghitung 45 dan 25 saja. toh hasilnya sama 😀.

Tapi tidak begitu untuk sistem perhitungan 8 bit di MCU CDI, 2 angka itu sangat berbeda. dan jelas, menghitung sedikit jauh lebih presisi daripada menghitung banyak. bagi yg awam, mungkin cuma akan merasakan efeknya di mesin saja. yang rad degree kecil, biasanya settingan bisa lbh mudah ketemu.

itu saja buat mlm ini. terima kasih.
‪#‎kalau‬ ada yang perlu di koreksi, tolong masukannya

12 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *