Cara Mencari Derajat Phase Rotor System Injeksi

Rotor System injeksi motor

 

Pada sistem Injeksi, patokan timing nya itu adalah dari tonjolan pertama setelah missing tooth nya.

Mirip klo di sistem cdi adalah cari rad degree nya dulu yang utama, klo di sistem injeksi, kita nyebut nya cari dulu ukuran derajat phase rotor nya. Std nya kalo motor R15 adalah 180 derajat sebelum TMA

Tapi kalo mekanik lebih menyederhanakan di sistem injeksi R15 dengan mencari titik tonjolan ke 5 setelah missing tooth nya.

Masih membingungkan memang, dan mekanik biasa cari mudah nya. Bahkan untuk sekelas mekanik top indoprix. Padahal kalo tahu basic pemahaman nya, kita jadi bisa tahu posisi derajat mulai penyemprotan bahan bakar nya dan titik api dan dweel time pengapian TCI nya.

Alhasil kita bisa mensimulasikan siklus di ruang bakar nya dengan tepat. dari simulasi yang tepat, kita jadi bisa mendapat ide2 baru mengoptimalkan nya.

Minim pengetahuan sistem injeksi ini yang jadi sebab keterlambatan tim honda menyiapkan motor 250 nya, sehingga harus absen di seri indoprix kemarin.

Padahal, dengan sedikit ulik2, kita bisa memakai ECU programmable apa saja, tdk harus menunggu produsen ECU menyiapkan ecu racing khusus buat CBR 250.

#cmiww

One Comment

Leave a Reply to Asep Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *